Langsung ke konten utama

Rokok dan Kesehatan Serta Bahayanya bagi tubuh kita

Isu dan kampanye tentang bahaya rokok bagi diri sendiri dan lingkungan sudah banyak sekali dibahas dan disosialisaisikan pada masyarakat serta dampak negatif yang timbul akibat merokok. Sebenarnya terpampang jelas dalam bungkus rokok bahwa rokok berbahaya dan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Namun bagi perokok seolah tulisan itu tidak nampak. Berdasarkan survey badan kesehatan dunia PBB masyarakat Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah perokok terbanyak didunia, sungguh menyedihkan sekali bukan…

Bahaya Merokok

Polemik sebuah Negara berkembang dunia ketiga dengan penghasilan pas-pasan lebih banyak menghabiskan pengahasilan mereka untuk rokok yang membahayakan kesehatan mereka sendiri. Dan apakah anda tahu juga, kalau rata-rata mereka yang bakar duit tersebut ternyata kebanyakan adalah masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Ok, mari kembali ketopik tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Sebelum membahas kebih jauh tentang bahaya rokok bagi kesehatan kita mari kita lihat apa saja yang terkandung dalam rokok.. Dibawah ini adalah informasinya tentang zat berbahaya yang terkandung dalam rokok.
  1. PB : merupakan kandungan timah hitam yang terdapat pada satu batang rokok, dalam satu batang rokok PB (timah hitam) biasanya diberikan PB 0,5ug.
  2. Nikotin: adalah zat kimia yang bisa menenangkan seseorang, zat yang kedengaran populaer bagi anda ini bisa membahayakan dan dapat menyebabkan kegemukan (walapun tidak secara langsung) dan yang mengerikan lagi nikotin adalah zat kimia  aditif pemicu adanya penyempitan pembulu darah.
  3. Tar : zak kimia aditif yang ada dalam kteterangan dibungkus rokok ini dapat menempel pada oragan tubuh paru paru karena sifat dari zat aditif ini (Tar) lengket.
  4. Karbon monoksida: yang pasti saja yaitu bahan kimia yang dihasilkan dari asap rokok (kepulan asap rokok) yang anda hisap dengan nikmat tersebut.
Menakajubkan sekali bukan..
Dari informasi kandungan rokok saja sudah sungguh menakutkan. Anda bisa bayangkan bahwa didalam rokok terkandung zat-zat berbahaya tersebut. Bagaimana dengan tubuh kita yang setiap hari dimasuki zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok tersebut?

Baiklah , dari keterangan yang kami rangkum dari berbagai sumber jurnal kesehatan mari kita lihat bahaya rokok bagi kesehatan, jangan sampai kaget ya :

1.Asap Rokok sangat berbahaya sekali bagi Paru-paru
Seorang perokok baik itu perokok pasif ataupun perokok aktif dapat mengalami resiko serangan penyakit paru-paru, penyakit paru paru ini biasanya akan mengakibatkan seseorang sulit untuk bernafas ( sesak nafas). Biasanya para perokok tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena gejala paru-paru dan mereka baru menyadarinya setelah dirinya benar-benar parah.
Catatan penting: penyakit paru-paru yang sudah parah tidak ada obatnya kecuali hanya kuasa allah saja yang bisa menyembuhkannya.

2.Rokok dapat meyebabkan bahaya kerapuhan Tulang
Biasanya bahaya yang kerpuhan tulang ditimbulkan oleh rokok banyak terjadi pada seorang wanita, karena menurut penelitian dan beberapa jurnal dan artikel yang pernah kami baca, hampir 6-10 persen kaum wanita yang meokok akan mengalami rapuh tulang (osteoporosis).

3. Rokok Dapat Mengakibatkan Stroke & Jantung anda

Zat kimia karbon monoksida dalam sebatang rokok dapat mengakibatkan seseorang terkena serangan penyakit stroke & jantung. Karbon monoksida yang dihasilkan dari asap rokok inilah yang akan membahayakan tubuh dan nantinya yang akan berdampak pada menumpuknya kolestrol di setiap arteri pembuluh darah kita.

4.Rokok dapat merusak kesehatan kulit dan menyebabkan penuan dini

Kulit anda akan cepat kering dan terlihat kusam karena kebanyakan merokok apalagi kulit wajah yang sering terkena paparan asap rokok. Kenapa begitu, karena asapa rokok dapat menyebabkan kurangnya oksigen yang diperlukan oleh kulit anda. Sehingga hal tersebut akan mempercepat kerutan, wajah kusam dan penuaan dini. Anda tentu tidak ingin terlihat tua dan boros wajah dibandingkan umur bukan.

5.Rokok Dapat Menyebabkan penyakit Kanker

Resiko yang satu ini bukanlah rahasia lagi bagi para perokok yaitu dapat memicu seseorang terserang penyakit Kanker. Kanker yang bisa diakibatkan oleh asap rokok dan materi bahan lainnya adalah kanker lidah, kanker paru-paru, Kanker lambung dan yang terakhir kanker nasofaring.

6. Rokok Dapat Membahayakan kesehatan Gigi & Mulut

Bahaya rokok yang terakhir adalah Kanker lidah dan mulut salah satu penyakit yang mengintai para perokok, terlalu banyak merokok biasanya akan menyebabkan gigi kuning dan mulut bau. Jika anda teralu banyak menghisap rokok hal tersebut akan sangat membahayakan sekali bagi kesehatan mulut dan gigi anda. Anda tentu tidak ingin bukan, kalau gigi anda kuning dan nafas bau dalam pergaulan tentu saja hal itu akan menurunkan percaya diri anda.

Gimana, anda sudah lebih dari cukup tahu bukan tentang bahaya rokok bagi kesehatan, baik sebagai perokok aktif maupun sebagai perokok pasif. Maka dari itu sayangilah diri anda, keluarga anda dan lingkungan sekitar anda dengan berusaha untuk berhenti merokok dan tidak merokok disembarang tempat kalau berhenti untuk merokok belum bisa anda lakukan.

Selamat berjuang untuk berhenti merokok..

Komentar

Artikel Bermanfaat Lainnya

Para Perokok Harus Tahu 10 Cara Cepat Untuk Berhenti Merokok

Halo para perokok mania, salam penikmat racun.. Sudah berapa lama anda berniat untuk berhenti merokok, mungkin sudah sering bukan..?  Entah sudah berapa banyak janji dan penyesalan dalam hati untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok ini. Namun belum juga berhasil, entah karena anda yang tidak komitmen atau metode perencanaannya yang tidak tepat.  Jangan biarkan kegagalan berhenti merokok tersebut membuat anda menjadi putus asa, kecewa karena belum juga berhasil dari belenggu racun rokok ini.  Jangan khawatir, disni kami akan mencoba berbagi tips bagaimana cara cepat berhenti merokok secara lebih detail dengan metode lain dari yang lain. 1.Bersihkan Rumah Dan Lingkungan Tempat Tinggal Anda Untuk pertama-tama cobalah untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal anda, bersihkan segala hal dari yang berbau dan bernama rokok. Buanglah rokok, sampah puntung rokok, pernak-pernik tentang rokok  anda sekarang juga. Pakaian, alas kasur, tirai dan karpet kal

Cara Dan Metode Terbaik Untuk Berhenti Total Merokok

Hallo para perokok mania.. Kali ini kami akan mencoba membagikan sebuah metode atau cara berhenti total merokok selamanya. Anda penasaran bukan.. Banyak diluar sana para perokok sebenarnya  punya keinginan yang sangat besar untuk berhenti dari kebiasan merokok yang sudah membuat mereka lelah dan merusak kesehatan tersebut. Namun apa daya keinginan tinggal keinginan, namun rokok dibakar terus dan lupa terhadap janji pada diri sendiri untuk berhenti merokok. Malam hari berjanji bahwa besok pagi saya akan berhenti merokok, namun apa daya ketika sarapan pagi ditemani secangkir kopi tentu saja tidak akan nikmat tanpa ditemani sebatang dua batang rokok…  Lupa dengan janji semalam hehehe betul gak broooh. Seperti penenlitian yang telah dilakukan oleh Oxforf University dilansir dari laman Mens Health kami akan coba rangkumkan hasil penelitian tersebut untuk kita semua. Menurut penelitian tersebut cara terbaik dan efektif untuk berhenti total dari merokok adalah sebagai berikut.

Tips Sederhana Untuk Memotivasi Diri Agar Berhenti Merokok

Anda sudah siap untuk berhenti merokok atau sedang menjalani proses berhenti merokok, silahkan simak beberapa tips motivasi sederhana dari kami ini. Atau bagi mereka yang dari dahulu terus berjanji dan berjanji lagi pada dirinya untuk berhenti merokok, silahkan anda baca dan simpan artikel ini, mudah-mudahan suatu saat bermanfaat untuk memotivasi diri anda. Berikut dibawah ini kami rangkum beberapa tips motivasi sederhana untuk memotivasi diri agar semakin mudah lepas dari kebiasaan merokok. 1. Mulailah dengan hal yang sederhana dan mudah Cobalah untuk memberikan penilaian terhadap diri anda, kondisi fisik seperti cek pernafasan, aroma nafas dan bau mulut, kesehatan kulit, mata, dan kebuagaran tubuh. Evaluasi situasi dan kondisi, dalam saat apa dan bagaimana anda sering merokok. Bosan, kesepian, nonton TV, lagi nongkrong dengan kawan, kopi, main kartu atau dll. Berikan skor untuk evaluasi yang lebih baik.. 2. Berikan target waktu Mulailah dengan cara mengurangi rokok anda